Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-08-24 22:26:21

Pilkada Jember: Peluang Calon Perseorangan vs Calon Parpol Menguat

BERHADAPAN: Kandidat dari petahana Faida kemungkinan besar akan bertarung dengan Hendy dalam Pilkada 2020.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Peluang hanya ada dua bakal pasangan calon (bapaslon) dalam Pilkada Jember semakin terbuka. Itu setelah semakin banyaknya parpol yang merekomendasikan bapaslon Hendy Siswanto-Muhamad Balya Firjaun Barlaman alias Gus Firjaun.

Diketahui, Hendy-Gus Firjaun sejauh ini telah mengantongi dukungan dalam bentuk rekomendasi dari sejumlah parpol. Di antaranya Nasdem (8 kursi), Partai Demokrat (2 kursi), dan Partai Berkarya (1 kursi).

Baca Juga : KPU Jember Tetapkan DPT Pilkada 2020, Turun 67.049 dari Pilkada 2015

Namun, parpol lain juga ada yang memberi penugasan pada Hendy-Gus Firjaun untuk menggalang dukungan. Seperti PKB. Hendy sendiri mengklaim parpol lain seperti PKS, PAN, PPP, Gerindra, dan Perindo juga akan merapat. Berbeda dengan PDIP dan Golkar yang belum memberikan sinyal akan mengusung bapaslon tersebut.

Baca Juga : Bincang Bersama Abdus Salam Calon Bupati Jember, Dulu Buruh Tani Kini Pengusaha Berprestasi

Juru bicara pemenangan Hendy-Gus, Firjaun Yudi Hartono mengatakan, saat ini timnya telah mengamankan hampir 100 persen dukungan partai politik. “Kita tunggu perkembangannya. Kita serahkan sikap politik ke masing-masing partai, tapi komunikasi haji Hendy (ke PDIP dan Golkar, Red) sedang berlangsung,” katanya.

Yudi Hartono menyebut, Hendy-Gus Firjaun merupakan bapaslon yang paling ideal. Selain telah berkomunikasi dengan semua parpol, ada kesamaan pandangan pada tujuan bersama untuk memajukan Jember. Tak hanya di level kabupaten, komunikasi yang dilakukan Hendy-Gus Firjaun juga sampai ke level pusat.

Jika Hendy dan Gus Firjaun benar-benar diusung semua parpol, maka akan head to head dengan petahana. Yakni Faida yang menggandeng Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Vian) yang maju melalui jalur perseorangan. (as/sp)