Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2021-06-17 08:15:28

Sambut Positif Vaksinasi, Tiga Ribu Warga Kecamatan Besuk Sudah Divaksin

AMAN: Warga Desa Besuk Kidul, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo mendapat vaksinasi covid-19 di kantor desa setempat. Warga antusias mengikuti vaksinasi dengan harapan tak terjangkit covid-19.

PROBOLINGGO, TADATODAY.COM - Puskesmas Besuk jemput bola dalam memberikan layanan vaksinasi dosis pertama untuk kelompok lanjut usia (lansia) dan masyarakat umum. Hal itu sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran wabah covid-19 di Kabupaten Probolinggo, khususnya di wilayah Kecamatan Besuk.

Kepala Puskesmas Besuk Triana Floritawati S.KM mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Besuk khususnya Desa Besuk Kidul mendapat sambutan positif dari pemerintah desa dan masyarakat desa setempat.

Baca Juga : Ratusan Remaja di Kecamatan Dringu Antusias Menjalani Vaksinasi

Masyarakat menurut Triana -sapaan akrabnya – menyadari pentingnya vaksinasi covid-19. “Yang hadir hari ini melebihi stok vaksin yang ada. Stok vaksin sendiri di-drop Dinas Kesehatan. Untuk sementara, di Puskesmas Besuk sudah habis hari ini (10/6/2021),” katanya.

Baca Juga : Ratusan Remaja di Kecamatan Dringu Antusias Jalani Vaksinasi

ANTRE: Usai menjalani pemeriksaan kesehatan, warga menunggu giliran untuk disuntik vaksin. Total ada 2.100 warga yang akan divaksin di Desa Besuk Kidul. Saat ini baru 150 orang saja yang mendapat vaksin.

Vaksinasi covid-19 dosis pertama untuk lansia dan masyarakat umum di Desa Besuk Kidul rampung disuntikkan sebanyak 15 vial atau 150 dosis. Sementara target sasarannya mencapai 2.100 orang. Sampai saat ini, sudah 3 ribu warga Kecamatan Besuk yang rampung divaksin.

Mereka terdiri 2.500 masyarakat umum, 2.500 lansia rentan, dan 500 pelayan publik dan tenaga kesehatan. “Yang lain ditunda, kalau kami dapat droping vaksin, mereka diundang kembali. Antusias masyarakat luar biasa. Mereka sudah sadar dan juga karena kebutuhan. Sebelumnya kurang ada kesadaran karena banyaknya hoax,” jelasnya.

Perempuan berhijab ini mengatakan, vaksinasi covid 19 ini merupakan ikhtiar bersama untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. Sama seperti harapan warga pada umjumnya, ia berharap pandemi ini bisa segera teratasi. Sehingga seluruh masyarakat bisa beraktivitas seperti sedia kala.

PEMERIKSAAN: Petugas Puskesmas Besuk memeriksa kondisi kesehatan warga yang akan disuntik vaksin. Bagi yang tidak ada kendala, maka bisa menunggu antrean untuk disuntik vaksin.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Kepala Desa Besuk Kidul Sudarmin membenarkan jika respons masyarakat cukup tinggi dengan adanya vaksin covid-19. “Motivasi masyarakat divaksin itu agar punya kekebalan daya tahan tubuh,” terangnya.

Berdasar laporan petugas Puskesmas Besuk, terdapat 140 orang warga yang rampung divaksin covid 19 dosis pertama. Sedangkan target sasaran vaksinasi di desa setempat berjumlah 2.100 orang.

Sementara itu, Atiwa, 58, warga Dusun Gedangan, Desa Besuk Kidul, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo mengaku tidak merasa takut saat diundang mengikuti vaksinasi yang dilakukan di kantor desa tersebut. Bahkan usai ia disuntik vaksin covid 19, ia merasa nyaman. “Saya juga siap disuntik vaksin dosis kedua nanti,” katanya. (*/hla/sp)