Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-01-09 22:24:55

Satu Kecamatan di Probolinggo Zona Kuning, Waspada Omicron dengan Taat Prokes

SATU ORANG: Warga Kecamatan Bantaran diidentifikasi sebagai penderita covid-19. Meski kondisinya sehat, yang bersangkutan tetap harus menjalani isolasi.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Probolinggo Kembali muncul. Diketahui yang bersangkutan merupakan warga Kecamatan Bantaran. Dengan begitu, status Kabupaten Probolinggo yang sebelumnya masuk zona hijau semua, kini satu kecamatan yang zona kuning.

Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 setempat, dr. Dewi Vironica menyampaikan, kalau yang bersangkutan saat ini sedang menjalani isolasi. Meskipun, tergolong Orang Tanpa Gejala (OTG). Hanya saja, satgas belum mengetahui yang bersangkutan tertular dari mana.

Baca Juga : Mantan Kepala dan Kabid di BPBD Jember Tersangka Pemotongan Honor Pemakaman Pasien Covid-19

Saat ini pihaknya sudah melakukan tracking dan testing terhadap seluruh orang dekat, keluarga, dan kontak erat dengan pasien. Namun, hingga saat ini, tidak ada satupun hasil tracking itu diketahui turut terpapar. Dengan begitu, kasus positif masih tetap satu orang itu saja se Kabupaten Probolinggo. “"Jadi masih satu kecamatan yang zona kuning,” katanya.

Baca Juga : Vaksinasi Desa Sumberpakem Sudah Capai 70 Persen

Ia berharap masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan. Sehingga tidak ada kasus lain di Kabupaten Probolinggo. Dan juga berharap yang bersangkutan sembuh. Sekedar informasi kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Probolinggo, sejak awal hingga saat ini ada sebanyak 7.244 kasus. Satu kasus isolasi, 6.727 kasus sembuh dan 496 kasus meninggal.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono menngimbau warga tetap taat protocol Kesehatan. Hal itu juga mewaspasai varian omicron.

“Dengan menjaga 5 M mulai memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengindari kerumunan,” katanya. (zr/sp)