Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-05-14 07:03:56

Selama Lebaran, Polres Probolinggo Siapkan Posyan, Pospam dan Pospan

PENGAMANAN: Pos Pengamanan (pospam) di alun-alun Kota Kraksaan, menjadi satu-satunya pospam di wilayah hukum Polres Probolinggo.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Polres Probolinggo menyiapkan dua Pos Pelayanan (posyan) yang ada di Jalan Raya Paiton, dan pintu keluar tol (exit tol) Leces. Lalu, satu Pos Pengamanan (pospam) yang ada di depan alun-alun Kota Kraksaan, dan satu Pos Pemantauan (pospan) yang ada di Kecamatan Malasan.

Pos tersebut didirikan untuk melayani masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Probolinggo. Petugas secara bergantian berjaga mulai tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021.

Baca Juga : Diadukan karena Jual Pupuk Subsidi Di Atas HET, Pemilik Kios Dipanggil Polisi

Paur Humas Polres Probolinggo, Bripka Mukhtar Yuliharto mengatakan, pada masing-masing pos pantau mempunyai tugas yang berbeda. Dimana, posyan bertugas untuk membantu masyarakat apabila ada pengendara yang bannya bocor, atau masyarakat yang mengalami kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga : Lantaran Menjual Mobil Orang, Warga Pakuniran Diamankan

Sementara, petugas di pospam bertugas untuk mengamankan arus lalu lintas ataupun mencegah terjadinya kerumunan. Sedangkan pospan untuk memantau arus lalu lintas, menjaga keamanan dan ketertiban berlalu lintas. "Mencegah potensi kejahatan jalanan," katanya, Selasa (11/5/2021) lalu.

Muktar menyampaikan, meski mempunyai tugas yang berbeda, namun semua pos bisa mempunyai tugas yang sama dengan pos lainnya. Seperti halnya pos pemantauan yang ada di Kecamatan Malasan, juga sesekali melakukan penyekatan kendaraan mudik seperti yang dilakukan oleh posyan Leces dan Paiton.

Karena sama-sama menjaga ketertiban, maka apabila ada kejahatan jalan yang terpantau olah petugas pos, maka petugas yang berjaga di pos tersebut akan langsung menindak. "Kita laksanakan patroli," katanya, dalam pembicaraan via seluler.

Dalam pengamanan dan pelayanan libur lebaran tahun ini, Polres Probolinggo menurunkan 295 personil untuk secara bergantian berjaga di masing-masing pos. Tak hanya personil kepolisian, pos tersebut juga dijaga oleh TNI, Satpol PP, Dinas kesehatan, termasuk Forkopimka setempat. (zr/don)