Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-03-04 18:21:47

Soal Gaji Pegawai Belum Cair, Bupati Hendy Tak akan Gegabah

JANJI: Bupati Jember Hendy Siswanto (pegang mik), berjanji untuk segera mencairkan gaji pegawai Pemkab Jember. Tapi, ia menekankan, bahwa langkahnya itu tidak akan dilakukan dengan gegabah.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Sebanyak 13.000 ASN dan Tenaga Honorer di lingkungan Pemkab Jember belum menerima gaji untuk bulan Februari 2021. Hal itu, karena belum selesainya pembahasan APBD 2021. Bupati Jember yang baru, Hendy Siswanto berjanji akan segera mencairkannya namun tetap tidak akan gegabah.

Meski berjanji, namun Hendy Siswanto mengaku tidak ingin gegabah dan tidak akan menabrak regulasi. Karenanya, langkahnya itu tetap akan berdasarkan peraturan kepala daerah (Perkada) dengan mekanisme yang tepat. "Kami akan membuat perkada dulu atau perbup,” kata Hendy, dalam acara Dialog Publik yang digelar di Gedung DPRD Jember, Kamis (4/3/2021).

Baca Juga : Lega, APBD Tahun 2021 Jember Disahkan

Menurut Hendy, langkah pencairan gaji ASN berdasarkan perkada itu tetap akan dikomunikasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).  Sementara untuk gaji honorer, nantinya akan bekerja sama dengan perbankan sebagai mitra.

Baca Juga : Akhirnya, Bupati Jember Terbitan SK Penetapan Honor GTT dan PTT

Tak hanya soal gaji, Hendy juga akan mencari jalan keluar terkait semua kendala yang selama ini dihadapi Pemkab Jember, termasuk permasalahan birokrasi. "Kami akan melakukan pembenahan,” ujar Hendy. (as/don)