Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-04 22:40:49

Sudah Tiga Kali Masjid Ini Dibobol Maling, Tapi Takmir Belum Lapor Polisi

PENCURIAN: Aksi pelaku saat mendorong kotak amal masjid terekam jelas oleh kamera CCTV di masjid Baitul Muqorobbin Dusun Gantung, Desa Gendoh, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi. Kasus yang terjadi pada Kamis (31/3/2022) itu viral di media sosial sejak Senin (4/4/2022). (foto istimewa)

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Aksi seseorang pria yang mencuri kotak amal masjid di Dusun Gantung, Desa Gendoh, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi, viral di media sosial. Pencurian itu terjadi pada Kamis (31/3/2022) sekitar pukul 09.15 WIB, namun viral sejak Senin (4/4/2022). Aksi pelaku itu terekam kamera CCTV yang terpasang di masjid tersebut.

Sebelumnya, video tersebut diunggah oleh akun Instagram @bwi24jam. Dalam video berdurasi 2.05 menit itu, nampak seorang pria mengenakan jaket hitam, celana hitam pendek memasuki masjid tersebut.

Baca Juga : Eh, Maling Gondol Motor di Rumah Anggota TNI

Saat kondisi sepi, pelaku yang juga memakai topi hitam itu lalu mendorong kotak amal tersebut ke sisi masjid yang sepi. Lantas pelaku memecahkan kotak amal yang terbuat dari kaca, lalu menggasak uang di dalam kotak amal dan kemudian pergi meninggalkan masjid.

Baca Juga : Ditinggal Andok Mie Dower, Motor Dicuri, Terekam CCTV

Kapolsek Sempu, AKP Karyadi saat dikonfirmasi menyebut hingga kini pihak kepolisian belum menerima laporan dari masyarakat perihal adanya kasus pencurian kotak amal. "Belum ada  laporan ke Polsek," katanya.

Sementara itu Kepala Dusun Gantung, Darman membenarkan adanya insiden pencurian kotak amal. Ia menyebut bila pencurian itu terjadi di Masjid Baitul Muqorobbin.

Darman menerangkan, kasus tersebut pertama kali diketahui oleh takmir masjid saat hendak membersihkan masjid. “Tahu-tahu kaca kotak amal pecah, uangnya diambil total ada Rp 3 juta lebih," ujarnya.

Menurut Darman, kasus pencurian uang kotak amal di Masjid Baitul Muqorobbin sudah terjadi ketiga kalinya. Akan tetapi pihak takmir belum memutuskan apakah akan melaporkan kasus tersebut atau tidak. Namun, pihak Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat sudah mengetahui insiden tersebut. (rl/don)