Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-03-07 15:41:55

Terpilih Jadi Ketua PKB Kota Probolinggo, Abdul Mujib: Innalilahi

SAH: Abdul Mujib (kemeja putih), saat menerima surat keputusan partai yang memutuskan dirinya sebagai ketua DPC PKB Kota Probolinggo. periode 2021-2026

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM – DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Probolinggo menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) X pada Minggu (7/3/2021), di Graha Gus Dur kantor DPC PKB Kota Probolinggo Jl Mastrip, Kelurahan/Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo. Hasilnya, Abdul Mujib terpilih sebagai ketua DPC menggeser Habib Hadi Zainal Abidin.

Abdul Mujib terpilih secara aklamasi dalam muscab tersebut untuk periode 2021-2026. Proses pemilihan yang digelar tertutup tersebut berdasarkan hasil Muktamar PKB di Bali, beberapa waktu lalu. Muscab dihadiri 40 orang pengurus di semua tingkatan, mulai dari tingkat DPC, Pimpinan Anak Cabang (PAC) hingga ranting se Kota Probolinggo.

Baca Juga : Musrenbang RKPD 2022, Pemkot Probolinggo Fokus pada Pemulihan Ekonomi dan Pembangunan

Sementara untuk Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar, hadir melalui virtual.

Baca Juga : Musrenbang RKPD 2022, Pemkot Probolinggo Fokus Pemulihan Ekonomi dan Pembangunan

Meski tak lagi menjabat ketua DPC, namun Habib Hadi yang juga menjabat wali kota Probolinggo itu kini mendapat amanah baru di tubuh PKB. Ia ditetapkan sebagai Ketua Dewan Syuro DPC PKB setempat.

Ditemui usai muscab, Abdul Mujib mengatakan, ia dipilih secara aklamasi oleh perwakilan PAC yang memiliki hak suara dalam muscab. Menurutnya, menjadi ketua dan mengemban amanah tersebut sangat berat. "Alhamdulillah dan innalilahi," ujarnya.

Mujib menyampaikan, bahwa mekanisme pemilihan menyesuaikan hasil Muktamar PKB dengan sistem demokrasi terpimpin. Menurutnya, PKB tidak menginginkan munculnya rivalitas yang menimbulkan perpecahan.

Jika rivalitas muncul, menurutnya, maka akan terjadi keluarnya golongan yang kalah dari kepengurusan. "Malah mempengaruhi stabilitas partai," katanya.

Mujib menjelaskan, ke depan, PKB menargetkan dapat memenangkan pilkada serentak. Termasuk, target 12 kursi di parlemen kota. “Seperti walikota dan ketua DPRD dari PKB," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Syuro DPC PKB Kota Probolinggo terpilih, Hadi Zainal Abidin, mengaku bersyukur atas digelarnya muscab yang berjalan tertib dan sukses. Terkait kepengurusan terbaru, Habib Hadi menyampaikan bahwa pengurus baru ini dipilih atas potensi yang dimiliki partai.

Di sisi lain, pihaknya akan melakukan perekrutan potensi muda atau kalangan milenial. “Guna menjaring suara dalam pemilu 2024,” katanya.

Perlu diketahui, muscab yang berlangsung cepat hanya membahas 2 pokok bahasan. Pertama, DPC PKB Kota Probolinggo menargetkan perolehan kursi parlemen sebanyak 12 kursi. Sementara, di DPRD Kota Probolinggo periode 2019-2024, partai berlambang bumi dengan sembilan bintang itu mendapat 6 kursi.

Pembahasan kedua, yakni perombakan pengurus di tubuh DPC. Pengurus inti mulai dari sekretaris dan bendahara diduduki oleh kader yang menjadi anggota DPRD Kota Probolinggo. Untuk posisi sekretaris dijabat Eko Purwanto, yang kini menjadi anggota Komisi III. sementara bendahara dijabat Mahrus Ali, yang kini sebagai Ketua Badan Kehormatan DPRD  Kota Probolinggo. (ang/don)