Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-10-08 18:45:14

Uang Kotak Amal Musala dan TPU Jadi Sasaran Empuk Maling

CURI KOTAK AMAL: Imam Musala Al Ikhlas, Agus Wijaya melihat sisa uang kotak amal setelah dicuri pelaku (kanan). Sementara dari rekaman CCTV, pelaku terlihat mendorong motornya sebelum berhasil menggondol uang kotak amal.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Uang kotak amal masjid dan musala masih menjadi sasaran empuk pelaku pencurian. Bahkan kotak amal di Tempat Pemakaman Umum (TPU) pun, tak luput dari incaran pelaku.

Seperti yang terjadi di musala Al Ikhlas dan TPU di Jl. Sunan Bonang Kelurahan Jrebeng Wetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo. Dalam seminggu, uang kotak amal sebesar total ratusan ribu rupiah di dua tempat tersebut dimaling. Aksi pelaku terekam Closed Circuit Television (CCTV) yang berada di sekitar TKP.

Baca Juga : Buru Pelaku, Warga Berhasil Selamatkan Sapi Curian

Dalam rekaman CCTV itu, pelaku terlihat mengendarai motor Suzuki Smash, memakai jaket, berpakaian kemeja kotak-kotak, celana dan sandal. Sebelum mencuri kotak amal musala, pelaku mengawasi kondisi di sekitar TKP. Cara mengawasinya pun cukup unik. Yakni dengan mendorong motornya dari arah timur ke barat sambil melihat kondisi sekitar. Peristiwa itu terjadi pada Jumat (8/10/2021) sekira pukul 02.00 WIB.

Baca Juga : Dalam 2 Menit, Besi Selokan Seberat 6 Kg di SMK Sore Raib

Setelah berhasil merusak gembok kotak amal, pelaku langsung melarikan diri dengan ngegas motornya ke arah timur Jl. Sunan Bonang.

Imam musala setempat, Agus Wijaya, 48, menceritakan, pintu musala setempat tidak dikunci. “Kotak amal ada di dalam musala,” kata Agus.

Sebelum pencurian terjadi, sekira pukul 01.00 WIB, Agus selesai berzikir di musala tersebut dan kemudian pulang ke rumahnya yang lokasinya tak jauh dari musala tersebut.

Agus mengetahui musala yang diurusnya disatroni maling sekira pukul 06.00 WIB, setelah tetangganya menyampaikan bahwa kotak amal dibobol.

Setelah dicek, ternyata benar. Uang di dalam kotak amal sejak 3 bulan lalu itu telah amblas. "Uang yang dicuri sekitar 500 ribu. Pelaku menyisakan 80 ribu," katanya.

Dengan dicurinya uang kotak amal, rencana Agus untuk memperbaiki bangunan musala yang rusak pun sirna.

Selain uang kotak amal musala, Agus juga menyebutkan bahwa uang kotak amal di TPU setempat juga dicuri. "Tapi tidak tahu uangnya berapa (nominalnya)," ujarnya.

Sementara itu, Zunaidi, 26, warga yang sedang mencuci mobilnya di sekitar TKP mengatakan, pada Jumat dini hari, ia melihat pria tak dikenal sedang mondar-mandir di sekitar Musala Al Ikhlas.

Pria tersebut sempat pergi meninggalkan lokasi, ketika melihat Zunaidi. Namun tak lama kemudian, pria tersebut kembali lagi. "Pagi hari saya mendapat informasi kalau kotak amal hilang," kata Zunaidi.

Menurutnya, pria yabg akrab disapa Abi ini, kasus tersebut sudah disampaikan secara lisan kepada petugas Polres Probolinggo Kota. (ang/don)