Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-11-24 13:01:07

Waspadai Penyakit Demam Berdarah

Ilustrasi

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Di  musim penghujan, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) kerap menjangkiti masyarakat. Sejak September - November 2021, sebanyak 15 kasus ditemukan. 

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) pada Dinkes Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Vironica mengatakan jumlah kasus DBD itu hanya sementara. "Bisa saja bertambah," terangnya, Rabu (24/11/2021).

Baca Juga : SMKN 1 Dringu-SMPN 1 Dringu Raih Juara Favorit Kontes Jingle Cegah Covid-19

Ia menjelaskan jika penyakit DBD ini memang sering ditemukan saat musim hujan. Bahkan bisa bertambah seiring dengan intensitas dan lamanya musim hujan melanda. Contohnya, pada September ada 2 kasus, lalu pada Oktober ada 12 kasus.

Baca Juga : SMKN 1 Dringu dan SMPN 1 Dringu Raih Juara Favorit Kontes Jingle Cegah Covid-19

Namun beruntung, dari dua bulan tersebut tidak ada kasus kematian yang diakibatkan oleh penyakit BPD. Meski begitu masyarakat tetap harus waspada agar tidak terjangkit BPD. Dengan cara menerapkan 3 M. Menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air dan mengubur barang bekas. Hal itu dilakukan agar meminimalisir tempat yang berpotensi berkembangnya nyamuk. "Itu upaya pertama," ucap pejabat asal Balikpapan, Kalimantan Timur itu. (zr/don)