Usman Afandi


Wartawan Tadatodays.com | 2020-12-05 19:15:46

Hujan Disertai Angin, Rumah Terendam Pepohonan Tumbang

BENCANA: Hujan disertai angin kencang yang melanda wilayah Banyuwangi, mengakibatkan rumah warga terendam dan pohon tumbang.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda sebagian wilayah Banyuwangi dan sekitarnya, mengakibatkan banjir dan pohon tumbang pada Sabtu, (5/12/2020) sore.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi melalui Tim Reaksi Cepat (TRC), Sigit Jatmiko mengatakan, pohon tumbang tersebut terjadi di tiga lokasi.

Baca Juga : Pascagempa, Angin Kencang Tumbangkan Pohon dan Timpa Rumah

 “Kalau di Penataran menimpa warung, dan ada beberapa atap asbes yang rusak," kata Sigit.

Baca Juga : Menumpuk, Pakaian Layak Pakai di Posko Banjir Dringu Banyak Tak Didistribusikan

Sigit menjelaskan, tiga lokasi pohon tumbang tersebut di antaranya di Jalan Brawijaya Kelurahan Mojopanggung, Jalan Penataran Kelurahan Taman Baru, dan Jalan Ahmad Yani Kelurahan Penganjuran.

Sementar itu, terkait banjir setinggi lutut orang dewasa terjadi di lingkungan Gareng, Kelurahan Sobo, kecamatan Banyuwangi.

Salah satu warga sekitar, Aris mengatakan bahwa banjir memang sering terjadi. Untuk kali ini banjir menggenangi rumah warga di 1 RT.

 “Wilayah ini sering terendam banjir jika terjadi hujan deras,” kata Aris kepada tadatodays saat dihubungi via telepon, Sabtu (5/12).

Sementara dalam pantauan Tadatodays di lapangan, wilayah Banyuwangi sedang terjadi hujan deras disertai angin kencang. Bahkan di wilayah kantor Pemkab Banyuwangi juga terendam banjir, akan tetapi banjir di sekitar pemkab tidak terlalu parah.

Sementara terkait penanganan, pihak BPBD Banyuwangi sendiri sudah melakukan upaya kesiapsiagaan. Bencana alam ini juga tidak mengakibatkan korban jiwa. Hanya pohon tumbang yang sempat melintang dan menutupi badan jalan.

Petugas dari TRC BPBD terpantau melakukan pemotongan pohon tumbang, dan mengevakuasinya secara bergantian ke pinggir jalan. (usm/don)