Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-03-11 19:46:41

Kunjungi Banjir Dringu, Gubernur Janji Bangun Bronjong

PANTAU: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kerudung putih), saat melihat tanggul yang jebol di Kali Kedunggaleng, Desa/Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Kamis (11/3).

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengunjungi korban banjir di Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Kamis (11/3/2021). Dalam kunjungannya itu, Khofifah memberikan 14 jenis barang bantuan, salah satunya bronjong sebanyak 20 lembar.

Dari pantauan tadatodays.com, Khofifah tiba di kantor Kecamatan Dringu pada pukul 15.15 WIB. Ia disambut oleh Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari, Anggota DPR RI Hasan Aminuddin, Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan, Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo, dan juga beberapa OPD Pemkab Probolinggo.

Baca Juga : Pemprov Jatim Fokus Bangun Bronjong di Jembatan Kedungdalem

Kemudian, Khofifah melihat kesibukan dapur umum milik Tagana di kantor Kecamatan Dringu, lalu menyapa para pengungsi di SDN Kedungdalem 1.

Baca Juga : Komunitas Bikers Fasilitasi Servis Gratis bagi Warga Terdampak Banjir Dringu

Setelah itu, Khofifah beranjak mengontrol jembatan kecil yang ada di Desa Kedungdalem dan Desa Dringu. Juga, melihat tanggul yang jebol serta menyapa dan memberikan bantuan berupa sembako kepada warga korban banjir.

Khofifah mengatakan, pihaknya berencana memasang bronjong untuk membuat tanggul sementara. Nantinya, ketika air sungai sudah mulai besar tidak lagi masuk ke rumah warga. Ia menargetkan, dalam waktu dekat bronjong sudah bisa dikerjakan, khususnya di tempat-tempat yang rawan terjadi tanggul jebol. "Setelah itu plengsengan secara permanen," katanya saat meninjau lokasi banjir.

Selain pembangunan bronjong dan plengsengan, Khofifah juga menyoroti kondisi jembatan yang menjadi mobilitas masyarakat sekitar untuk juga dilakukan kontroling agar aman saat dilewati masyarakat. Sehingga ketika bronjong ataupun plengsengan nantinya dibangun, maka masyarakat sudah tidak terganggu. "Jembatan ini juga harus dilihat kekuatannya," ujar Khofifah.

Sekadar informasi, selain bronjong, ada beberapa bantuan dari Gubernur Jatim ini. Yaitu karung sak sebanyak 2000 pcs; terpal 10 lembar; jumbo bag 30 pcs; velbag 5 unit; chainsaw 1 unit; pemotong dahan 2 unit; dan paket kebersihan 20 paket.

Lalu, handzanitizer 20 liter; alat pelindung diri 10 pcs; sprayer 5 unit; lauk pauk 60 paket; tambah gizi 60 paket; dan paket sembako sebanyak 100 paket. (zr/don)