Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-02-16 19:04:13

Luncurkan Monalisa, Dispendukcapil Jember Jemput Bola Pengurusan Adminduk

INOVASI: Dispendukcapil Jember menggagas program jemput bola pengurusan adminduk bagi masyarakat dengan keberadaan Mobil Layanan Keliling Sadar Adminduk atau Monalisa. Harapannya, masyarakat tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan dokumen.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Demi memudahkan pelayanan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dokumen kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember menerjunkan Mobil Layanan Keliling Sadar Adminduk (Monalisa).

Program Monalisa ini dijalankan dengan sistem jemput bola. Yakni, mendatangai masyarakat langsung ke desa-desa maupun kota yang ada di Jember. Mobil layanan administrasi kependudukan (adminduk) tersebut bakal melayani perekaman adminduk warga Jember.

Baca Juga : Desa Sidomulyo Fasilitasi Mal Pelayanan Publik Berbasis Digital, Pelayanan Masyarakat Makin Optimal

Baca Juga : Desa Sidomulyo Fasilitasi Mal Pelayanan Publik Berbasis Digital, Pelayanan Masyarakat Semakin Optimal

“Program Monalisa ini diharapkan agar warga masyarakat Jember lebih sadar mengenai pentingnya dokumen administrasi kependudukan. Program ini tidak dipungut biaya alias gratis,” kata Kasi Pemanfaatan Data dan Dokumentasi Kependudukan Dispendukcapil Jember Mochamad Agus Khusnul Mufid, Rabu (16/2/2022).

Dengan begitu, layanan publik untuk perurusan pencatatan adminduk lebih mudah diakses oleh masyarakat yang selama ini kesulitan dalam mengurus dokumen tersebut. Ada beberapa jenis adminduk yang bisa dilayani program Monalisa ini. Di antaranya perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el), Kartu Ibu dan Anak (KIA), pembuatan akta kelahiran, dan Kartu Keluarga (KK).

Monalisa ini beroprasi pada hari Sabtu dan Minggu yang akan berkeliling ke semua kecamatan di Jember. Dalam pelayanannya, masyarakat tidak dibebani biaya sepeserpun. Warga yang membutuhkan dokumen administrasi kependudukan diharapkan datang dengan membawa syarat yang dibutuhkan. (*/bp/sp)