Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2020-07-29 13:02:41

Pemkot Pasuruan Alokasikan Rp 4 Miliar untuk Ruang Ventilator dan PCR

PEMBAHASAN: Pansus covid-19 bersama Pemkot Pasuruan menggelar rapat membahas rencana tindaklanjut penanganan covid-19.

PASURUAN, TADATODAYS.COM - Pemkot Pasuruan dikabarkan segera mendatangkan alat PCR dan ruang ventilator yang akan diletakkan di RSUD R. Dr. Soedarsono. Pengadaan PCR dan ruang ventilator itu untuk fasilitas pasien positif covid-19.

Hal itu disampaikan Penjabat Sekda Kota Pasuruan setelah rapat tindaklanjut covid-19. “Informasi yang kami tangkap, pembuatan ruangan di rumah sakit sekitar Rp 28 juta,” katanya saat ditemui di ruang utama kantor DPRD Kota Pasuruan.

Baca Juga : KPU Anggarkan Rp 4 Miliar untuk Rapid Test 33 Ribu Anggota KPPS dan Linmas

Ia menuturkan, proyek tersebut sudah dikoordinasikan dengan ketua gugus tugas, inspektorat, dan direktur RSUD. Rencananya, proyek tersebut akan selesai selama 30 hari. Baik ruangan maupun sarana dan prasarana yang lain.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Haul KH. Abdul Hamid Pasuruan Digelar Terbatas

“Waktu untuk membuat ruangan itu, untuk mencukupi sarana prasarana guna memenuhi salah atau syarat butuh satu bulan Tapi, sebelum kita hearing, kita sudah sampaikan ke Bu Dokter Tina (Plt Direktur RSUD, Red) 2 pekan selesai,” kata Ismu Hardianto, anggota panitia khusus covid-19.

Plt Direktur RSUD dr R. Soedarsono dr. Tina Soelistiani sendiri mengatakan, terdapat 3 ruangan yang saling menghubungkan. “Karena di sini, kita perlu ruangan yang negatif untuk di-setting. Tidak hanya ruangan, itu dikasih alat,” jelasnya.

Rinciannya dari anggaran miliaran itu yakni PCR Rp 485 juta, mesin ekstrasius Rp 2,3 miliar, dan sarana penunjangnya Rp 1,6 miliar. Pemkot memang punya tegas berat menekan angka penyebaran virus. Pasalnya, statusnya hingga kini masih zona merah. Di antaranya suspect 27 orang, positif 187 pasien, dirawat 68, sembuh 98, dan meninggal 21 orang. (ang/sp)