Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-01-11 21:00:51

Lumpur Pasca Banjir Mulai Mengering, Kerahkan Damkar

KERAHKAN DAMKAR: Petugas Pemadam Kebakaran membantu membersihkan material lumpur sisa banjir, dengan menyemprotkan air menggunakan selang kendaraan damkar. Hal itu dilakukan, karena lumpur tersebut mulai mengering dan sulit dibersihkan.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Berbagai langkah dilakukan oleh Pemkab Jember, untuk mempercepat proses pembersihan material lumpur sisa banjir. Petugas pemadam kebakaran (damkar) pun juga dikerahkan, untuk menyemprot tebalnya lumpur di lokasi banjir yang mulai mengering.

Dalam proses pembersihan pada Selasa (11/1) itu, Pemkab Jember mengerahkan satu unit truk damkar dan satu unit mobil pikap dengan membawa alkon ke Perumahan Bumi Mangli Permai, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates. Diketahui, banjir paling parah terjadi di kawasan perumahan tersebut.

Baca Juga : Gotong Royong Bangun Jembatan Alternatif di Gunggungan Kidul

Nino Eka Putra, Kepala Bidang Linmas Satpol PP Kabupaten Jember mengatakan, pengerahan damkar itu dilakukan untuk membantu warga saat membersihkan lumpur yang cukup tebal. “Hanya bisa dilakukan dengan penyemprotan menggunakan armada truk damkar,” katanya, Selasa (11/1).

Baca Juga : Belasan Tahun, Warga Mayangan Keluhkan Genangan Air

Nino menyebutkan, langkah itu sudah dilakukan selama tiga hari, sejak banjir menerjang pada Minggu (9/1). Selain armada truk, pihaknya juga menerjunkan 10 personel.

Akan tetapi, Nino mengakui bahwa pembersihan lumpur cukup sulit dilakukan. Pasalnya, di hari ketiga, lumpur tebal sisa banjir mulai mengering. “Harus mendapatkan bantuan alat berat backhoe kecil,” ujarnya.

Sementara, Rudi, salah seorang warga RW 15 Kelurahan Mangli, mengucapkan terima kasih kepada tim damkar Kabupaten Jember yang membantu korban banjir di Perumahan Bumi Mangli Permai. “Supaya pembersihan (lumpur) bisa lebih cepat, membutuhkan alat berat,” ujar Rudi. (bp/don)