Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-06-02 21:12:01

Pencuri Motor di Banyuanyar yang Ketahuan Warga, Ternyata Residivis

TAK JERA: Arifin alias Ari, kini kembali mendekam untuk kali ketiga. Ia kembali ditahan atas kasus curanmor. (foto: istimewa)

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Arifin alias Ari, 36, warga Desa Gunung Geni, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, seorang maling motor yang diamankan warga dan Polsek Banyuanyar, pada Selasa (1/6/2021), sekira pukul 03.00 WIB merupakan seorang residivis dengan kasus yang sama.

Hal itu disampaikan Kasat Reskrim Polres Probolinggo, AKP Rizki Santoso. Saat dikonfirmasi ia mengatakan kalau Arifin pernah dihukum sebanyak dua kali. Pertama pada tahun 2013, atas kasus  pencurian motor di Kecamatan Tegalsiwalan.

Baca Juga : Dua Sapi Indukan Milik Warga Kedungsupit Dimaling, Pemilik Merugi Rp 35 juta

Kemudian pada tahun 2016 lalu, pelaku kembali dihukum karena terlibat pencurian di Kecamatan Banyuanyar. "Yang kemarin TKP Banyuanyar lagi," katanya, Rabu (2/6).

Baca Juga : Hendak Curi Motor Pedagang, Maling asal Probolinggo Dihajar Warga

Diketahui, pada Selasa (1/6/2021) dini hari sekira pukul 02.00 WIB, Arifin kedapatan mencuri motor milik Usman Musyarofah, warga Desa Liprak Kulon, Kecamatan Banyuanyar. Motor tersebut berada di halaman rumah korban, di Dusun Krajan Rt 04, Rw 02, desa setempat.

Ceritanya, pada waktu itu ia sudah berhasil membawa motor Honda Scoopy Warna Putih bernopol L 4391 AJ. Namun sebelum berhasil menjauh, pelaku ketahuan oleh Abdul Manaf, tetangga korban. 

Karena ketahuan, pelaku langsung mengajak duel Manaf dan membacoknya dengan celurit yang ia bawa dan disimpan di balik bajunya. Manaf dibacok di bagian perut sebelah kiri. "Terdapat luka gores di perutnya," kata perwira asal Surabaya ini.

Manaf juga mengalami luka di bagian bibirnya. Warga yang mengetahui kejadian itu langsung datang membantu Manaf dan berhasil melumpuhkan pelaku dengan bogem mentah. Kejadian itu selanjutnya dilaporkan ke Polsek Banyuanyar.

Saat ini pihak kepolisian masih melakukan pendalaman, karena saat beraksi pelaku mengaku bersama temannya yang bernama Hasan, yang melarikan diri. (zr/don)