3.800 Surat Suara di Jember Kurang, Bawaslu Temukan Banyak Kerusakan

Dwi Sugesti Megamuslimah
Dwi Sugesti Megamuslimah

Wednesday, 17 Jan 2024 16:17 WIB

3.800 Surat Suara di Jember Kurang, Bawaslu Temukan Banyak Kerusakan

SORLIP: Sortir dan pelipatan surat suara pemilu 2024 hari terakhir di Gudang Temprina, Jember.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Setelah berlangsung selama 13 hari, proses sortir lipat surat suara untuk kontestasi Pemilu 2024 di Jember memasuki hari terakhir pada Rabu (17/1/2024). Namun jumlahnya masih kurang ribuan surat suara.

Meskipun rampung sehari lebih cepat dari estimasi yang dijadwalkan, yakni pada Kamis (18/1/2024). Pengawasan Bawaslu Jember masih kekurangan 3800 surat suara baik untuk pilpres, DPD, DPR RI, serta DPR Provinsi.

"Masih ada kekurangan surat suara, yang terkonfirmasi itu surat suara DPR RI sama DPRD Provinsi," kata Ketua Bawaslu Jember Sanda Aditya Pradana di Gudang Temprina, Rabu (17/1/2024).

Terkait kekurangan tersebut, lanjut Sanda, Bawaslu Jember akan berkoordinasi dan segera bersurat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember untuk segera melakukan pengadaan kekurangan surat suara.

"Mengingat proses pencetakan yang lama, kami harap KPU Jember bergerak cepat dan berkoordinasi terkait estimasi kedatangan pengadaan kekurangan surat suara karena masih ada sortir packing dan distribusi ke TPS-TPS," imbuh Sanda.

Sementara itu, Bawaslu Jember juga menemukan adanya ribuan kerusakan surat suara. Bentuk kerusakannya mulai dari tinta luntur hingga surat suara terpotong di beberapa bagian.

"Rinciannya itu surat suara pilpres 244, DPR RI 1.872, DPD 165, provinsi 2.685, dan untuk kabupaten masih dalam proses penghitungan," pungkas Sanda. (dsm/why)


Share to