Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-03-15 21:24:46

Menumpuk, Pakaian Layak Pakai di Posko Banjir Dringu Banyak Tak Didistribusikan

POSKO: Seorang relawan saat memilah pakaian layak pakai yang disumbangkan oleh masyarakat untuk korban banjir Dringu, di Posko Bencana Banjir di Kantor Kecamatan Dringu.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Ribuan pakaian layak pakai (PLP) bantuan dari berbagai elemen masyarakat untuk warga terdampak banjir di Desa Kedungdalem dan Desa/Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, menumpuk di Kantor Kecamatan Dringu dan belum didistribusikan. BPBD menyebut, bahwa PLP itu akan didistribusikan berdasarkan pemilahan wilayah terdampak.

Plt Kalaksa BPBD Kabupaten Probolinggo, Tutug Edi Utomo mengatakan, PLP tersebut akan disalurkan utamanya kepada warga terdampak di 4 desa di Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo. Yakni Desa Tegalrejo, Kalirejo, Kedungdalem dan Dringu.

Baca Juga : Pemprov Jatim Fokus Bangun Bronjong di Jembatan Kedungdalem

Sementara ini, pihaknya telah bekerjasama dengan Gerakan Pramuka Kwarcab Probolinggo dan anggota Gugus Depan Pramuka untuk membantu memilah dan mendistribusikannya sesuai data masyarakat terdampak.

Baca Juga : Komunitas Bikers Fasilitasi Servis Gratis bagi Warga Terdampak Banjir Dringu

Agar tidak PLP tersebut tidak semakin menumpuk, Tutug menyarankan kepada donatur kiranya dapat membantu peralatan kebersihan. "Seperti lap pel, sekop, cangkul, arco, makanan kering dan lainnya," katanya.

Sementara, berdasarkan data pengungsi yang didapat Tutug, jumlah pengungsi di SDN Dringu 1 dan SDN Kedungdalem 1 sebanyak 29 KK dengan jumlah 81 jiwa. Rinciannya, 5 balita, 11 anak-anak, 8 lansia, 2 ibu hamil dan 55 orang dewasa. (ang/don)