Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-25 13:35:56

Soal Lapangan Talangsari, Ancer Minta Fraksi Teken Penolakan

KAWAL TALANGSARI: Meski sudah mendengar pernyataan Menteri ATR BPN Sofyan Djalil bahwa Lapangan Talangsari tetap untuk olahraga, tetapi masyarakat menyatakan tetap terus mengawal.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Pemkab dan DPRD Jember sudah satu sikap soal permintaan hibah lahan Lapangan Talangsari oleh BPN Jember untuk dibangun kantor kedua. Permintaan BPN Jember tersebut dinyatakan ditolak. Namun di akar rumput masih ada riak-riak gamang.

Rabu (25/5/2022) siang, puluhan masyarakat yang mengatasnamanakan Aliansi Cinta Jember (Ancer) menggelar aksi demonstrasi lanjutan. Dalam aksi yang dilangsungkan di depan gedung DPRD Jember itu, warga minta fraksi-fraksi di DPRD meneken penolakan terhadap permintaan hibah lahan Lapangan Talangsari. 

Baca Juga : AKJ Datangi DPRD Jember, Minta Koperasi KJHS Dibubarkan

Mulyanto selaku koordinator aksi mengatakan, ini adalah aksi lanjutan dari demonstrasi yang telah dilakukan pada Minggu (22/5/2022) lalu di depan Lapangan Talangsari. "Sebetulnya kami tidak terpengaruh dengan pernyataan menteri (Menter ATR BPN Sofyan Djalil, red) yang telah menyatakan bahwa Talangsari tetap digunakan untuk lapangan olahraga. Kami harus terus mengawal, karena kami sudah tidak percaya atas kesekian kalinya pada Bupati Hendy," ujar  Mulyanto.

Baca Juga : Pemkab Jember Jalin Kerjasama dengan PTDI-STTD

Pada aksi tersebut, Ancer juga meminta kepada DPRD Jember untuk melakukan penolakan secara tegas. Penolakan itu harus dibuktikan dengan tanda tangan setiap fraksi yang ada di DPRD.

LEPAS MERPATI: Dalam aksinya, puluhan masyarakat yang mengatasnamakan diri Ancer, melepaskan 540 burung merpati yang menjadi simbol kedamaian dan kesejahteraan. 

Selain itu, Wakil Koordinator Lapangan Wahyu Nugroho mengatakan bahwa aksi ini juga untuk menagih janji Bupati Jember Hendy Siswanto terkait hak-hak rakyat kecil yang harus tersampaikan pada rakyat kecil itu sendiri. "Kita sama-sama ingin memperjuangkan yang dulu pernah dijanjikan oleh bapak Bupati kita, bahwa hak hak rakyat kecil ini dikembalikan kembali pada rakyat kecil," katanya. 

Selanjutnya, Wahyu Nugroho minta agar tidak hanya lapangan golf saja yang mendapatkan perhatian. "Fasilitas Lapangan Talangsari harusnya diperbaiki, karena itu untuk masyarakat kecil," katanya.

Selain meminta tanda tangan penolakan pada DPRD Jember, dalam aksinya, Ancer juga melepaskan 540 burung merpati di bundaran depan gedung DPRD Jember.  "Merpati lambang kedamaian dan lambang kesejahteraan. Kita berdoa agar Jember makmur, sentosa, sehingga masyarakat semua dapat menikmatinya," ungkapnya. (bp/why)